Belajar Membuat Web Menggunakan Joomla

Dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana membangun web menggunakan joomla. Untuk dapat Imagemenggunakan joomla ataupun menggunakan halaman yang menggunakan bahasa php pada komputer anda, anda harus menginstall sebuah aplikasi server lokal seperti xampp, wamp, appserv, dan lain-lain.

Setelah anda menginstall aplikasi server lokal tersebut maka anda akan menemukan folder tempat anda mengupload web anda nantinya. Contohnya pada XAMPP di dalamnya ada folder yang namanya htdocs. Atau di appserv nama foldernya www.

Nah setelah itu anda juga harus memiliki file instalasi joomla.File Instalasi joomla dapat anda peroleh salah satunya dari web joomla di http://www.joomla.org.

Setelah anda memperoleh file instalasi joomla, ekstrak file tersebut ke web server tempat anda mengupload web anda. Dan ganti foldernya sesuka anda. Namun jika anda ingin menginstall langsung di hosting server anda bisa langsung upload datanya pada hosting server.

Selanjutnya jika anda menginstall joomla pada lokal server, silahkan buka di browser anda alamat http://localhost/folder_joomla_anda . Dan setelah itu proses instalasi akan kita mulai.

  1. Proses Pra Instalasi

Proses sebelum kita menginstalasi joomla adalah kita membuat database tempat kita akan menaruh tabel-tabel content yang diperlukan joomla untuk berjalan. Untuk membuat sebuah database dengan cara yang lebih mudah adalah dengan mengakses phpmyadmin melalui browser anda. Untuk hosting server database dapat diakses melalui cpanel anda, sedang untuk lokal server dapat diakses melalu http://localhost atau http://localhost/phpmyadmin. Selanjutnya silahkan buat database untuk joomla melalui “create a new database”.

  1. Proses Instalasi

Selanjutnya silahkan akses web joomla anda melalui http://localhost/folder_joomla_anda dan proses pertama adalah pengecekan data-data joomla pada server. Pastikan semua file yang ada writeable, dan konfigurasi server sudah sesuai untuk joomla dapat berjalan dengan baik. Hal ini ditandai dengan tulisan berwarna biru/hijau jika setting sudah sesuai dan merah jika setting tidak sesuai.

Proses selanjutnya adalah mengatur setting dasar seperti hostname, username, dan password dari server dan database mysql. Isikan sesuai dengan setting server anda sehingga joomla dapat berjalan sebagaimana mestinya. Teruskan proses instalasi sampai pada semua tahap selesai.

  1. Proses Pasca Instalasi

Setelah proses instalasi selesai, silahkan hapus folder instalasi joomla anda.

Setelah proses ini, website joomla anda sudah siap anda gunakan. Akses administrator panel melalui http://folder_joomla_anda/administrator dan silahkan membuat konfigurasi sesuai kehendak anda

Mungkin sejauh ini itu dulu yang kita bahas tentang instalasi awal website joomla. Pembahasan selanjutnya akan terus diupdate, untuk itu pantau terus website ini.

 

Advertisements

About I WAYAN ARJAWA, S.T.

MY LIVE FOR COMMUNITY SERVICE
This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s